Sejarah Tari Kontemporer yang Menarik untuk Diulas!

Sekitar tahun 1980-an, Tari Kontemporer ditujukan untuk gerakan dari penari yang tidak mau mengikuti aturan ketat ballet dan bentuk lyrical dance. Mereka lebih mau mencoba area revolusi gerakan yang tidak konvensional yang digabungkan dari berbagai bentuk tarian di dunia.

Tari kontemporer ini biasanya tidak ada gerakan pastinya dan terlebih hanya mencoba untuk mengembangkan bentuk yang benar-benar baru dan dinamis. Seperti gerakan yang cepat, gerakan angkat mengangkat, ekspresi, pernafasan yang sistematis, dan tarian yang ditampilkan dengan cara tidak berdiri (misalnya terbaring). Ini membuat mereka bisa menemukan sejauh apa tubuh manusia bisa bergerak.

Awal mula dari gerakan populer ini berasal dari para ahli dance yang memberikan pengaruh besar, seperti Isadora Duncan, Martha Graham, dan Merce Cunningham. Mereka semua mau menunjukkan ke dunia kalau para penari kontemporer harus menunjukkan kebebasan, menolak konvensi tari lama, dan lebih melihat sejauh mana batas dari tubuh manusia dan perasaan dari ekspresi.

Juga, salah satu awal mula dari tari kontemporer bisa dilihat dari teknik Zen Buddhism lama millennia dan juga Yoga India, yang di mana membantu memberikan banyak filosofi yang mirip dengan tari kontemporer.

Penari yang mengenalkan dan mempopulerkan tari kontemporer ke dunia adalah Martha Graham. Selama karir 7 dekadenya, dance modern dan koreografinya membuat kepopuleran yang jika dibandingkan dengan hari ini bisa dibandingkan dengan hasil dari sorang seniman jenius seperti Picasso, Frank Lloyd Wright, dan Stavinski.

Merce Cunningham menambahkan pekerjaan yang sudah koleganya, Martha Graham, bentuk. Dia semakin memperluasnya dengan pengembangan, koreografi, dan teknik menari. Selama karier panjangnya dia merupakan salah satu orang terkreatif dalam tari Amerika. Banyak penari terkenal dan penari profesional yang mengikuti stylenya hingga saat ini.

Lalu ada Lester Horton yang sangat mempengaruhi tari kontemporer secara visioner. Dia sudah melatih banyak penari modern dan mengatur untuk melatih style dari tari native American dan modern jazz ke teknik menarinya.

Nah, itulah sedikit bahasan sejarah dari tari kontemporer yang hingga hari ini bisa kita saksikan di banyak acara. Kini tari kontemporer semakin populer karena keindahan tarian yang ditampilkannya.